Sabtu, 18 Mei 2019

Contoh Perulangan dan percabangan pada Java



PERULANGAN DAN PERCABANGAN PADA JAVA



import java.util.Scanner; digunakan untuk memasukan fungsi Scanner pada program yang akan dibuat. public class umur { membuat umur yang bersifat public yang artinya bisa diakses siapapun dengan syarat nama pada file dan public class tersebut sama. public static void main (String[]arg) { berfungsi untuk memanggil public dari manapun baik dalam atau luar umur. Disini tipe data yang dipanggil adalah tide data String. Karena data yang dimasukkan berbentuk huruf, symbol dan angka
Scanner input = new Scanner (System.in);  berfungsi untuk pembuatan sebuah objek baru bernama input untuk mengganti fungsi scanner. System.out.print(“ “); memunculkan angka atau karakter dilayar yang ada didalam tanda kutip 2 (“ “) dan kursos akan  tetap pada baris yang sama. Int umur = input.next.Int(); : variabel a merupakan tipe data integer yang berisi angka.
if(umur <=10) { Merupakan kondisi/syarat ke-1. Apabila input memenuhi syarat pada kondisi pertama ( kurang dari 10 )  , maka program akan mencetak statement dari kondisi 1 yaitu “Anda masuk kedalam katagori Anak-anak. } else if (umur <=18) {  Merupakan kondisi/syarat ke-2. Apabila input tidak memenuhi  kondisi/syarat 1, maka program akan masuk ke dalam kondisi/syarat ke-2 dan akan mencetak “Anda masuk kedalam katagori Remaja”. } else { : Merupakan kondisi/syarat ke-3 apabila input ternyata tidak memenuhi kondisi/syarat 1 maupun 2. Program akan mencetak “Anda termasuk kedalam katagori Dewasa”.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar